Batavia Air BANGKRUT !!

Gambar

Majelis hakim menyatakan perusahaan aviasi PT Metro Batavia berada dalam pailit dengan segala akibat hukumnya setelah terbukti punya utang jatuh waktu yang dapat ditagih dan adanya kreditur lain.

“Mengabulkan permohonan pemohon [International Lease Finance Corporation] untuk seluruhnya” kata Agus Iskadar, hakim ketua yang memimpin persidangan Rabu (30/1/2013) sore.

Kuasa hukum termohon Raden Catur Wibowo mengatakan sejalan dengan putusan tersebut maka operasional Batavia Air akan dihentikan mulai nanti malam pukul 00.00 WIB. “Ini adalah konsekuensi hukum berdasar undang-undang Kepailitan dan PKPU,” katanya.

Majelis hakim telah menunjuk Nawawi sebagai hakim pengawas serta tim kurator yang terdiri atas Permata Daulay, Alba Sukmahadi, Turman Panggabean dan Andra Reinhard Pasaribu.

Atas putusan pailit itu sendiri pihak Batavia masih akan pikir-pikir apakah akan menerima atau kasasi. “Kami punya waktu delapan hari untuk menentukan langkah hukum berikutnya,” tambah Catur.

Adapun, kuasa hukum ILFC Immanuel Indrawan menolak memberikan komentar.

 

Mulai besok Rabu (30/1/2013) agen tiket Batavia Air akan menghentikan penjualan tiket, menyusul informasi bahwa maskapai ini akan berhenti operasi setelah keputusan pailit di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Agen travel selalu menjadi pihak yang dirugikan jika maskapai bangkrut.

“Kena lagi deh travel agent, kita punya dana deposit di Batavia Air sekitar Rp22 miliar. Karena kami itu kreditur yang kesekian, tidak akan dibayar sama seperti kasus Adam Air dahulu. Kami tak bisa tarik uang deposit itu,” kata Ketua Bidang Tiketing Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) Pauline Suharno, Selasa (29/1/2013).

Dia menambahkan jika memang akhirnya Batavia Air dihentikan operasinya, para agen travel akan dirugikan, sama seperti saat berhenti beroperasinya Adam Air.

“Kalau Batavia pailit, dan diserahkan ke kurator, itu yang ngeri. Waktu kasus Adam Air, kita pakai pengacara juga tidak menang, malah ongkos bayar lawyer-nya lebih besar,” kata Pauline.

Dia menambahkan sebelumnya para travel agent sudah melakukan top up (penambahan dana) deposit untuk tiket Batavia senilai rata-rata per top up-nya Rp15 juta, karena permintaan meningkat seiring akan adanya hari raya Imlek.

“Duh, para travel agent anggota kami padahal sudah top up, sudah menjelang Imlek, banyak yang beli tiket ke daerah untuk merayakan hari besar ini dengan keluarganya di kampung masing-masing,” kata Pauline.

 

agen tiket Batavia Air akan menghentikan penjualan tiket, menyusul informasi bahwa maskapai ini akan berhenti operasi setelah keputusan pailit di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

“Kami para travel agent [agen perjalanan] sudah mulai mengimbau para anggota kami untuk menghentikan sementara penjualan tiket Batavia Air,” kata Ketua Bidang Tiketing Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket Penerbangan Indonesia (Astindo) Pauline Suharno, Selasa (29/1/2013).

Dia menambahkan jika memang akhirnya Batavia Air dihentikan operasinya, para agen travel akan dirugikan, sama seperti saat berhenti beroperasinya Adam Air.

“Kena lagi deh travel agent, kita punya dana deposit di Batavia Air sekitar Rp22 miliar. Karena kami itu kreditur yang kesekian, tidak akan dibayar sama seperti kasus Adam Air dahulu. Kami tak bisa tarik uang deposit itu,” kata Pauline.

 

huhuhu…

agent travel ku merugi deh ….

batavia kok bangkrut, sih??

padahal, sistem booking dan issuednya mudah, lho ~

huhuhu…

 

sangat disayangkan~!

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s